"Selamat Datang diblog kami | Ayo Sukseskan Pemilihan Bupati Sumenep | 9 Desember 2015"

Senin, 20 Mei 2013

SBY Minta TNI AD Netral Jelang Pemilu

Jakarta : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi menunjuk Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen TNI Moeldoko menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Moeldoko menggantikan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo yang memasuki masa pensiun bulan ini.

Sejumlah pesan juga disampaikan SBY kepada kedua petinggi itu untuk menata TNI AD yang lebih baik lagi di masa depan.

"Presiden meminta TNI AD untuk menjaga netralitas dan tidak berpolitik praktis menjelang pemilu mendatang," kata Pramono di Kantor kepresidenan, Jakarta, Senin (20/5/2013).

Ia menuturkan sikap netral sebenarnya telah ditunjukkan TNI AD saat pelaksanaan Pemilu 2009. Ketika itu TNI AD dan TNI secara keseluruhan telah memperlihatkan ketidakberpihakannya pada salah satu kontestan pemilu.

"Jadi, kalau sebelumnya bisa netral, kenapa pemilu mendatang tidak bisa? Demikian dikatakan Presiden," jelas Pramono menirukan ucapan SBY.

SBY, lanjut dia, juga menegaskan pentingnya menjaga kedekatan dengan rakyat serta kekompakan di internal TNI AD dan dengan kesatuan lain beserta Polri. "TNI AD tak akan ada artinya jika tidak dekat dengan rakyat, karena kekuatan TNI ada pada rakyat," imbuh Pramono.

Demikian pula dengan penertiban pengadaan alutsista dan anggarannya. SBY memerintahkan agar dilakukan secara transparan. "Ini untuk menghindari adanya kesan penggunaan anggaran yang kurang tepat," pungkas Pramono.

0 komentar:

Posting Komentar