"Selamat Datang diblog kami | Ayo Sukseskan Pemilihan Bupati Sumenep | 9 Desember 2015"

Minggu, 19 Mei 2013

Ini Syarat-syarat Agar Jokowi Mulus Jadi Presiden di Pemilu 2014

JAKARTA - Nama Joko Widodo atau Jokowi belakangan santer disebut sebagai kandidat presiden yang paling potensial. Namun, ada beberapa syarat agar Jokowi bisa sukses menjadi orang nomor satu di Indonesia, terutama kaitannya dengan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Kuncinya kesuksesan dia mengubah wajah birokrasi DKI, kalau sukses dia tentu akan menjadi pilihan banyak orang,"ujar Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah kepada Tribunnews, Minggu(19/5/2013).

Selain itu syarat yang lain kata Gun Gun, mantan Wali Kota Surakarta tersebut harus bisa membenahi di level makro pemerintahan Jakarta. Seperti misalnya, mengubah wajah birokrasi yang elitis menjadi populis dan transformasional serta melibatkan warga. "Dan saya kira untuk level ini Jokowi sudah on the right track,"ujar Gun Gun.

Tidak ketinggalan pula, Jokowi disarankan harus membentuk transparansi dan penempatan birokrat-birokrat yang tepat sesuai dengan perubahan pola pemerintahan yang melayani bukan dilayani.

Sementara untuk level mikro lanjut Gun Gun indikator-indikator kinerja leading sector. Misalnya kinerja seluruh kedinasan dan SOTK di lingkungan pemprov DKI. Itu bisa diberi KPI(Keys Performance Index).

"Dan maju mundurnya kinerja Jokowi bisa dipantau oleh publik,"katanya.

0 komentar:

Posting Komentar