"Selamat Datang diblog kami | Ayo Sukseskan Pemilihan Bupati Sumenep | 9 Desember 2015"

Kamis, 23 Mei 2013

Gelar Bimtek Pantarlih, PPS Datangkan PPK



LARANGAN PERRENG, Untuk memberikan bimbingan melalui pelatihan pelaksana pemilihan umum, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Larangan Perreng melakukan bimtek kepada Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih). 
Dalam pelaksanaan Bimtek, PPS mendatangkan anggota PPK dibidang Pemutakhiran Data Pemilih yaitu Moh Subli untuk memberikan bimbingan teknis kepada Pantarlih.

Moh Subli mengatakan dalam Binteknya, untuk menghindari terjadinya kesalahan oleh panitia pada saat pelaksanaan pemilihan nantinya, sebelum mereka turun ke lapangan diberikan bekal pengetahuan seputar pemilih.

“Kita akan memberikan bekal pemahaman serta tata cara yang harus dilakukan pada saat pemilu berlangsung agar setiap panitia yang terbentuk  tidak ada kesalahan yang diperbuat,”
Strategisnya peran Pantarlih ini, baik dan buruknya DPT Pemilu  sangat bergantung kepada kinerja Pantarlih di lapangan. Jika Pantarlih bekerja secara optimal, maka DPT Pemilu
“Bimtek dimaksud untuk memberi pemahaman tentang tata-cara pelaksanaan pemutakhiran data,”.
Ketua PPS Desa Larangan Perreng menambahkan, PPS merupakan penyelenggara pemilu di tingkat Desa. Dalam tahapan pemutakhiran data pemilih, PPS bersama dengan Pantarlih memegang peranan penting dalam pelaksanaan pendaftaran daftar pemilih.

Sedangkan panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih) adalah petugas yang ditunjuk PPS atas nama Ketua KPU Kabupaten Sumenep untuk membantu PPS dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Setiap Pantarlih bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian terhadap data pemilih pada 1 TPS.

“Pantarlih merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Oleh karena itu Pantarlih sangat  penting perannya  dalam  proses  penyusunan daftar pemilih,” imbuh Maqbul.  

Editor: Dany

1 komentar:

  1. meskipun hujan acara bimtek pantarlih tetap berjalan normal
    semangattttt

    BalasHapus